Manfaat Nitrogen Untuk Tanaman

Posted on

Manfaat Nitrogen Untuk Tanaman – Pada umumnya, orang mengenal nitrogen sebagai gas untuk mengisi ban pada kendaraan bermotor seperti mobil dan morot.

Manfaat Nitrogen Untuk Tanaman
Manfaat Nitrogen Untuk Tanaman

Pemberian nitrogen bagi ban kenderaan bermotor adalah melalui proses pemompaan menggunakan kompresor yang sering ditemui di tempat pengisian bahan bakar dan juga di pinggir jalan.

Namun, selain sebagai gas pengisi ban pada kendaraan, nitrogen banyak sekali manfaat lainnya. Nitrogen berasal dari bahasa latin yaitu “nitrum” dan bahasa yunani “Nitron” yang artinya adalah pembentukan atau gen atau soda asli.

Nitrogen pertama kali ditemukan oleh seorang fisikawan, kimiawan dan ahli botani berkewarganegaraan Skotlandia yaitu Daniel Rutherford pada tahun 1772.

Di berbagai belahan dunia, banyak istilah lain yang digunakan oleh orang-orang untuk menyebut nitrogen diantaranya adalah zat emas karena nitrogen merupakan zat yang tidak aktif bereaksi dengan unsur senyawa lainnya, dan di perancis dikenal dengan sebutan Azote.

Sifat nitrogen atau lambang kimianya N2 adalah tidak berwarna, tidak berbau, tidak ada rasa, dan bersifat Inert. Inert adalah gas diamotik bukan logam yang stabil, karena nitrogen tidak bereaksi dengan unsur dan senyawa lainnya. Di udara, terdapat nitrogen sebanyak 78%.

Selain bermanfaat bagi manusia, nitrogen juga memiliki banyak manfaat dalam bidang pertanian seperti pada tanaman.  Tanaman yang kekurangan nitrogen akan mengakibatkan daun pada tanaman tersebut menjadi pucat dan berwarna kuning serta kering bahkan dapat berakibat rontok jika tidak cepat ditanggulangi.

Selain itu, jika tanaman kekurangan nitrogen, maka tanaman menjadi kerdil karena pertumbuhannya terhambat akibat tidak terpenuhinya unsur nitrogen pada tanaman secara cukup.

Manfaat Nitrogen Untuk Tanaman

Apa sajakah manfaat nitrogen untuk tanaman? Berikut ini adalah penjelasannya:

  1. Nitrogen dapat merangsang pertumbuhan tanaman. Nitrogen yang biasanya telah diolah menjadi pupuk oleh petani, diberikan secara rutin pada tanaman, maka akan meningkatkan tinggi tanaman, jumlah hasil pertanian dari tanaman, meningkatkan kualitas tanaman dan lain sebagainya.
  2. Nitrogen dapat membuat warna hijau pada tanaman menjadi lebih baik. Tanaman yang berwarna hijau menandakan bahwa tanaman tersebut subur dan dalam keadaan yang sehat. Zat hijau daun sangat penting dalam proses fotosintesis oleh karena itu, nitrogen dibutuhkan petani. Dengan nitrogen, proses fotosintesis menjadi lebih baik dan cepat.
  3. Unsur nitrogen di dalam tanah akan berkurang sedikit demi sedikit karena tanaman akan terus mengisap nitrogen di dalam tanah untuk kebutuhannya. Oleh karena itu, agar tanaman tidak kekurangan nitrogen, maka sangat perlu memberikan nitrogen kepada tanaman, biasanya berupa pemupukan dengan urea, agar tanaman tidak kekurangan unsur nitrogen yang dapat mengakibatkan tanaman tidak tumbuh secara sehat dan normal.
  4. Nitrogen dapat merangsang pertumbuhan daun pada tanaman lebih cepat. Pada tanaman seperti sayuran, pemberian nitrogen sangat menguntungkan petani karena hasil sayuran akan meningkat dan cepat panen.
  5. Nitrogen dapat membuat batang pada tanaman menjadi lebih kokoh.
  6. Nitrogen dapat membuat tanaman lebih panjang usianya.

Asupan nitrogen kepada tanaman tidak boleh kekurangan, namun tidak boleh kelebihan juga. Jika tanaman kelebihan nitrogen, maka akan menyebabkan beberapa hal sebagai berikut ini :

  1. Kualitas  dan produksi tumbuhan menurun
  2. Jika tanaman memiliki buah, misalnya timun, jika berlebihan nitrogen maka buah timun akan menjadi pahit
  3. Kelebihan nitrogen pada tanaman dapat menyebabkan tanaman keracunan.
  4. Dan lain sebagainya

Demikianlah paparan mengenai Manfaat nitrogen untuk tanaman, semoga dapt menambah wawasan pembaca.

Baca Juga : Proses Siklus  Nitrogen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *